/ / / Bisnis Kuliner di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan

Bisnis Kuliner di Masa Pandemi: Peluang dan Tantangan

with No Comments
Spread the love

Jakarta (18/12) – Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) telah menyelenggarakan Friday Night Talk 5 (18/12), dengan pembahasan mengenai bisnis kuliner di masa pandemi. PPHI mengundang empat pelaku bisnis untuk berbagi inspirasi mengenai; strategi, upaya bertahan, dan penyesuaian bisnis kuliner di masa pandemi. Webinar yang diselenggarakan secara virtual ini dihadiri oleh berbagai latar belakang peserta, mulai dari anggota PPHI, undangan, hingga masyarakat umum.

“Alhamdulillah, Friday Night Talk sudah sampai pada episode 5, sehingga tepat 10 bulan kita berada pada masa pandemi,” ungkap Bagus Moeshari, Wakil Ketua Umum PPHI Bidang Organisasi ketika membuka webinar ini.

Acara yang dilakukan secara virtual via zoom meeting ini dihadiri oleh empat narasumber, yaitu:
1. Chef Adie Miartadi, President of Islamic Chef & Culinary Indonesia,
2. Angga Daulay Bachtiar, Owner D’Colonel Resto,
3. Citra Kurnia Putri, Owner Nyamnyam.eats & Nyamnyam.treats, dan
4. Rayhan Fahreza, Co-Owner Donat Madu Cihanjuang.

Masa pandemi, memang telah memberikan dampak terhadap perekonomian terutama kepada para pelaku bisnis kuliner, terlihat dari berbagai tantangan dan juga peluang yang timbul pada saat ini.

“Sekitar bulan pertama masa pandemi, omset kami mengalami penurunan 30 persen namun setelah itu kami berhasil bangkit hingga mengalami kenaikan omset lebih dari 160 persen,” ujar Reyhan Fahreza, Co-Owner Donat Madu Cihanjuang, Jumat (18/12).

Para pelaku bisnis juga telah menyusun berbagai strategi untuk dapat bertahan dan memilih tindakan yang tepat di masa pandemi.

“Strategi untuk bertahan selama masa pandemi sebagai pendatang baru di dunia bisnis kuliner adalah KAKI (Kualitas, Amanah, Kreativitas, dan Inovasi)” ujar Citra Kurnia Putri, Owner Nyamnyam.eats & Nyamnyam.treats.

Selain itu, pemilihan cara branding dari para pelaku bisnis kuliner menjadi poin yang vital agar dapat bersaing pada masa pandemi.

“Branding yang tepat pada bisnis kuliner adalah bagaimana cara kita mencoba menciptakan perilaku si pembeli, melek terhadap teknologi, dan tetap memprioritaskan keunikan dengan cita rasa yang lezat,” ujar Chef Adie Miartadi, President of Islamic Chef & Culinary Indonesia

Menurut Angga Daulay Bachtiar selaku Owner D’Colonel Resto, kunci kesuksesan seorang pebisnis adalah dengan selalu melakukan yang terbaik setiap harinya.

Do your best because today is today, and tomorrow is tomorrow. Lakukan yang terbaik hari ini, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada hari esok” Tutup Angga Daulay Bachtiar, Owner D’Colonel Resto.

Friday Night Talk 5 yang dilaksanakan pada pukul 19.30 s.d. 21.00 ini didukung oleh Halaltalk, PPM School Management, D’Colonel Resto, Islamic Chef & Culinary Indonesia, Nyamnyam.eats & Nyamnyam.treats, dan Donat Madu Cihanjuang.

Penulis: Anggi Monica

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?