/ / / FGD Pariwisata Halal “Faktor Pembangkit Pariwisata Halal Lombok”

FGD Pariwisata Halal “Faktor Pembangkit Pariwisata Halal Lombok”

with No Comments
Spread the love

Jakarta-Mengawali bulan Desember ini, UNU Nusa Tenggara Barat  menghadirkan Fokus Group Discussion pariwisata halal melalui daring  bersama dengan 11 Stakeholder dari berbagai latar belakang  mulai dari akademisi hingga praktisi yang bergerak di bidang pariwisata halal. FGD ini difokuskan untuk membuat model hubungan sebab akibat metode system dynamic dari berbagai faktor penentu meningkatknya jumlah touris wisata halal di Nusa Tenggara Barat.

”Pariwisata Lombok Nusa Tenggara Barat saat ini berada ditahap recovery” ungkap Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Bisnis UNU NTB, Supiandi, Rabu(12/2) dalam memberikan sambutan saat berlangsungnya FGD ini.

Terdapat 3 agenda yang dilaksanakan oleh para stakeholder dalam pembahasan FGD “pariwisata Halal”, yaitu: kegiatan polling, paparan masing-masing stakeholder, dan group modelling session.

Melalui FGD yang berlangsung pada pukul 15.00 s.d. 17.30 WITA ini dapat disimpulkan, bahwa semakin meningkat nya jumlah touris wisata halal maka akan berdampak kepada:

  • Meningkatkan umpan balik kepada investasi
  • Semakin banyak promosi secara word of mouth
  • Semakin tinggi ketersediaan produk wisata
  • Semakin tinggi dukungan pemerintah
  • Keterlibatan masyarakat semakin meningkat
  • Terciptanya halal life style di tengah-tengah masyarakat
  • Aksesibilitas yang semakin mudah ke destinasi tujuan

“Diharapkan dengan adanya FGD ini, dapat dijadikan penelitian, pemetaan, dan evaluasi guna meningkatkan jumlah touris Wisata Halal di Lombok, Nusa Tenggara Barat.” Tutup Nurul Huda, selaku Guru Besar Universitas Yarsi.

Penulis: Anggi Monica

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?