/ / / Focus Group Discussion (FGD) Pariwisata Ramah Muslim PPHI Bersama DEKS BI

Focus Group Discussion (FGD) Pariwisata Ramah Muslim PPHI Bersama DEKS BI

with No Comments
Spread the love

Jakarta – Diawal tahun 2021, Perkumpulan Parwisata Halal Indonesia (PPHI) telah melaksanakan FGD Pariwisata Ramah Muslim bersama dengan Dewan Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS BI). FGD yang dihadiri oleh 38 peserta secara daring ini telah membahas mengenai keseriusan strategi dan rekomendasi pariwisata ramah muslim di masa new normal.

Hal ini sejalan dengan yang dilakukan oleh DEKS BI untuk fokus terhadap 5 sektor utama, salah satunya adalah pariwisata ramah muslim.

“Pariwisata ramah muslim merupakan salah satu dari 5 sektor utama yang sedang DEKS BI fokuskan sebagai strategi untuk menjalankan 3 pilar utama, yaitu: mendorong pemberdayaan; menguatkan sektor keuangan syariah; serta penguatan kompetensi building. “ ungkap Ita Rulina, Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI).

Dalam FGD terbatas dari jam 10.00 s.d. 11.00 WIB ini, Riyanto Sofyan, Ketua Umum PPHI mengungkapkan bahwa pariwisata ramah muslim merupakan tren baru yang memiliki peluang bangkit lebih cepat.

“Pariwisata ramah muslim memiliki peluang besar untuk dapat mempercepat kebangkitan ekonomi di dunia pariwisata. Tren pariwisata ini dapat dilihat dari data kenaikan jumlah spending wisatawan, berbagai prestasi yang didapat, hingga pertumbuhan lebih dari 730 halal hotel di Indonesia.” Ujar Riyanto menjelaskan pada Senin (25/1).

Selain itu, Riyanto mengatakan bahwa salah satu cara untuk menangkap peluang tersebut adalah dengan membangun sinergitas antar komponen penggerak.

“Peluang wisata ramah muslim di Indonesia cukup besar. Oleh sebab itu, diharapkan nantinya akan bisa dibentuk sebuah lpayung hukum yang bisa fokus menjaga kesinambungan industri pariwisata ramah muslim di Indonesia,” tandas Riyanto via zoom meeting.

Diketahui saat ini terdapat 3 faktor utama yang menjadi tantangan dalam dunia pariwisata ramah muslim, antara lain cash flow, health protocol, dan external risk (uncertainty).

Untuk merespon tantangan tersebut, terdapat 5 program strategi yang sudah disiapkan dan dijalankan oleh PPHI untuk pengembangan pariwisata ramah muslim khususnya di Indonesia, yaitu:
1. Program percepatan pemulihan pariwisata ramah muslim
2. Meningkatkan ekosistem pariwisata ramah muslim
3. Sosialisasi dan literasi pariwisata ramah muslim
4. Program peningkatan daya saing industri dan destinasi
5. Program pemasaran pariwisata ramah muslim.

 

Penulis: Anggi Monica

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?