/ / / Inilah Destinasi Wisata Bawah Laut Indonesia Berkualitas Dunia

Inilah Destinasi Wisata Bawah Laut Indonesia Berkualitas Dunia

with No Comments
Spread the love

Jika membahas Indonesia sebagai destinasi wisata, memang tidak akan habisnya, terutama keindahan alam bawah laut. Justru hal ini yang menjadi daya tarik pelancong asing yang ingin berekreasi ke Nusantara. 

Jika kita bedah satu persatu mungkin tulisan ini tidak akan cukup karena dari Sabang hingga Merauke, serta dari Miangas hingga Pulau Rote, begitu banyak keanekaragaman alam bawah laut di Indonesia. Sehingga, lokasi menyelam(spot diving) di Tanah Air dianggap sebagai salah satu surganya para diver di dunia. 

Kali ini, yuk kita bahas beberapa contoh lokadi spot diving yang paling direkomendasikan bagi kamu pencinta selam dibawah laut, sebagai berikut:

1. Raja Ampat, Papua

Menjadi salah satu surga diving di Indonesia, tentu tidak heran jika Raja Ampat menjadi salah satu destinasi wisata bawah laut impian banyak wisatawan. Bahkan, Raja Ampat sempat menjadi spot diving terbaik dunia pada 2015 versi CNN.

Wajar saja, pasalnya Raja Ampat menjadi rumah bagi 75% spesies karang yang ada di seluruh dunia. Raja Ampat juga memiliki lebih dari 1.318 jenis ikan, 699 jenis moluska, hingga 537 jenis terumbu karang. Sungguh keindahan bawah laut yang tiada tara.

2. Morotai, Maluku

Spot diving terbaik di Morotai adalah sisa sejarah Perang Dunia II di bawah lautnya. Kita bisa melihat langsung sisa-sisa kapal perang yang karam, hingga berbagai pesawat perang di bawah laut Morotai.

Selain itu, salah satu daya tarik menyelam di Morotai adalah kesempatan kita “berenang” bersama hiu sirip hitam. Namun, memang untuk bertemu dengan hiu sirip hitam butuh perjuangan, karena kita harus menyelam hingga kedalaman 21 meter.

2. Bunaken, Sulawesi Utara

Surga diving di Indonesia selanjutnya adalah Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara. Taman laut Bunaken terletak di wilayah perairan “segitiga emas”, atau berada di perairan yang menghubungkan laut Filipina, Laut Papua, dan Indonesia.

Lokasi ini menjadikan Taman Laut Bunaken memiliki ekosistem bawah laut yang paling beragam di dunia, hingga menjadi hutan bakau terbesar. Bukan hanya itu saja, Taman Laut Bunaken juga menjadi rumah bagi 390 spesies terumbu karang, 90 spesies ikan, dan berbagai macam makhluk laut lainnya.

4. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Di Sulawesi ada salah satu spot diving terbaik di Indonesia, yaitu di Wakatobi. Tidak main-main, Wakatobi dikenal sebagai kawasan Karang Penghalang (Barrier Reef) terbesar di Indonesia. Bahkan, keindahan karang Wakatobi berada di posisi kedua dunia setelah Great Barrier Reef di Australia.

Di bawah laut Wakatobi ada sekitar 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang yang bisa kita lihat dengan sangat dekat. Menariknya lagi, Wakatobi juga menjadi salah satu habitat dari lumba-lumba, penyu, hingga paus.

5. Pulau Weh, Aceh

Ada banyak keindahan alam yang ditawarkan di Aceh, salah satu spot diving di Pulau Weh. Menarik, pasalnya Pulau Weh memanjakan kita dengan banyak populasi makhluk laut yang menyenangkan dan jarang ditemui.

Seperti salah satu spot diving di Batee Tokong, yang ternyata menjadi habitat bagi berbagai macam hiu. Kemudian ada spot diving Pantee Peunateung yang menyimpan ribuan makhluk bawah laut yang indah dan rumah bagi terumbu karang. Jadi, jangan heran kita kita menemukan banyak batuan koral yang cantik di spot diving ini.

7. Pulau Komodo, NTT

Lokasi ini terletak di jantung segitiga terumbu karang Asia Pasifik, tentu tidak heran Taman Nasional Komodo menjadi salah satu surga bawah laut terkaya di dunia. 

Kita akan melihat keindahan terumbu karang tiada dua, hingga beragam spesies ikan yang cantik di bawah permukaan airnya. Menariknya lagi, di Taman Nasional Komodo kita bisa berinteraksi dengan ikan pari manta, hiu, hingga dugong yang berhabitat di sana. Tidak heran jika Taman Nasional Komodo menjadi spot diving favorit di Indonesia.

Source: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Destinasi-Wisata-Bawah-Laut-Indonesia%2C-Spot-Diving-Terbaik-Dunia

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?