/ / / Menelusuri Keindahan Wisata Halal di Sumbar

Menelusuri Keindahan Wisata Halal di Sumbar

with No Comments
Spread the love

Sumatera Barat adalah provinsi dengan mayoritas penduduk beragama Islam. Jika berbicara destinasi wisata di Ranah Minang, pasti tidak akan habis. Mulai dari wisata alam, budaya, hingga modern semuanya ada. Hampir semuanya menyediakan kemudahan untuk beribadah dan kuliner halal bagi warga muslim. 

Jadi, tidak heran jika wisata religi bernuansa Islami di Sumatera, pusatnya ada di Minangkabau. Perlu kamu sadari, bahwa perjalanan wisata religi di Sumatera Barat tak akan membosankan. Destinasi wisata halal di kawasan Sumatera Barat menyuguhkan tradisi Minangkabau dan Islam yang telah berbaur sejak berabad silam. 

Di bawah ini merupakan beberapa contoh lokasi wisata halal di Sumbar yang wajib kamu ketahui, antara lain:

1. Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan

Syeikh Burhanuddin Ulakan merupakan salah satu ulama, penyebar agama Islam di Sumatera Barat. Ulama yang berasal dari Pariaman ini meninggal pada tahun 1704 dan dimakamkan di dekat Surau Gadang Syeikh Burhanudin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman. Tradisi setempat, ziarah ke makam ini disebut Basapa atau Bersafar, dilakukan pada tanggal 10 Safar.

2. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatera Barat di Kota Padang adalah masjid terbesar di provinsi Sumatera Barat. Masjid di jantung kota Padang ini memiliki arsitektur rumah Bagonjong gaya Minangkabau dan teknologi modern. Masjid seluas 4.430 meter persegi ini sangat megah dengan ukiran kaligrafi, mihrab masjid menyerupai Hajar Aswad dan tahan gempa hingga 10 SR. Untuk melihat keindahan dan keunikan Masjid Raya Sumatera Barat tak perlu membayar HTM, kamu hanya diminta untuk mengisi kotak infaq seikhlasnya.

3. Miniatur Mekkah

Miniatur Mekkah berada di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tengah, Padang. Miniatur Mekkah biasanya digunakan untuk manasik haji dan untuk beribadah, dibangun pada 13 Desember 2000 serta mulai beroperasi sejak 8 September 2001. Yang menjadikan tempat tersebut luar biasa karena memiliki pemandangan alam yang asri. Di sekitar tempat wisata religi tersebut terdapat pemandangan hijau perbukitan dan hawanya sangat sejuk.

4. Pantai Padang

Pantai Padang merupakan pantai yang terletak di kawasan perkotaan, tepatnya di kecamatan Padang Barat. Dikenal dengan sebutan Taplau (Tapi Lauik) yang artinya tepi laut, pantai ini memiliki garis pantai yang panjang dan tulisan ikonik “Padang Kota Tercinta” di salah satu sisinya. Dari Bandar Udara Internasional Minangkabau, kamu hanya perlu menempuh jarak 23 km atau 30 menit perjalanan menggunakan mobil untuk sampai di pantai ini.

5. Pantai Air Manis

Selain menjadi favorit wisatawan lokal, Pantai Air Manis juga menjadi destinasi favorit bagi wisatawan mancanegara. Daya tarik pantai ini adalah gelombang ombak yang rendah dengan latar pemandangan indah Gunung Padang. Selain itu, di sekitar pantai terdapat juga pulau kecil bernama Pisang Kecil dengan luas 1 hektar yang bisa kamu telusuri dengan berjalan kaki.

Objek lainnya yang tidak boleh terlewat di pantai ini adalah patung batu Malin Kundang. Dalam legenda masyarakat setempat, batu tersebut dipercaya sebagai sosok Malin Kundang yang menyerupai anak laki-laki bersujud menghadap ke tanah karena dikutuk oleh ibunya. Tak jauh dari patung tersebut, kamu pun bisa menjumpai batu-batu berserakan yang diyakini sebagai pecahan kapal Malin Kundang.

6. Jam Gadang

Salah satu objek wisata di Kota Bukittinggi yang paling terkenal adalah Jam Gadang. Salah satu ikon dari Sumatera Barat ini adalah peninggalan jaman penjajahan Belanda.

Objek wisata di Bukittinggi ini memiliki nilai histori yang tinggi. Jam Gadang mempunyai keunikan tersendiri. Angka yang ada di Jam Gadang menggunakan angka romawi tapi simbol angka IV tertulis dengan III. Di dekat Jam Gadang kamu bisa menemukan tempat wisata lain yang tidak kalah menarik.

7. Museum Adityawarman

Jika Anda ingin mengenal lebih dekat lagi dengan budaya Minang, di museum inilah tempatnya. Bertepat di Jl. Diponegoro no.10, Kota Padang ini mulai dibangun pada tahun 1974 dan diresmikan pada tanggal 16 Maret 1977. Pada tahun 1979 museum tersebut diberinama “Adityawarman”. Nama tersebut diambil dari nama seorang Raja besar yang pernah berkuasa di Minangkabau, sezaman dengan Kerajaan Majapahit pada era Patih Gajah Mada.

Museum Adityawarman merupakan museum budaya terpenting di Sumatera Barat. Museum ini berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melestarikan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya Minangkabau, cagar budaya Mentawai, dan cagar budaya Nusantara.

8. Danau Singkarak

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama Danau Singkarak. Danau yang berada di Kabupaten Solok ini juga cukup terkenal. Danau terluas kedua di Pulau Sumatera ini juga mempunyai sejarah panjang dan keindahan yang tiada duannya.

Setiap tahun Danau Singkarak menjadi destinasi wisata yang paling diminatai terutama bagi pecinta olahraga sepeda. Pebalap sepeda bisa mengikuti lomba Tour De Singkarak yang menunjukkan keindahan Danau Singkarak. Danau hasil proses teknotik ini sekarang menjelman menjadi salah satu keindahan alam khas Sumatera Barat.

9. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak menjadi salah satu tempat wisata di Padang yang sangat terkenal. Pulau ini menjadi surganya pecinta dunia bawah laut. Objek wisata ini sendiri dikelola investor asal Italia, berlokasi di Kawasan Mandeh tepatnya di sisi selatan. Keindahan alam disana bisa dinikmati dengan menaiki perahu, Motor Boat, memancing, dan lainnya sebagai pada umumnya wisata pantai.

10. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya bisa kamu nikmati saat sore atau malam hari. Kamu bisa melihat pemandangan kota Padang yang cantik dari Jembatan Siti Nurbaya. Selain menikmati pemandangan kota, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini. Suasana di sini tidak jauh berbeda dengan Puncak yang penuh dengan warung yang menjajakan jagung bakar.

Source: sumbarprov.go.id, antaranews.com

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?