/ / / Mengenal 5 Destinasi Ramah Muslim di Indonesia

Mengenal 5 Destinasi Ramah Muslim di Indonesia

with No Comments
Spread the love

Perlu diketahui, bahwa menurut Lembaga riset dan sertifikasi halal, CrescentRating, ada 5 destinasi moslem friendly tourism tanah air yang tercatat dalam Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019, seperti daerah Lombok, Aceh, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, serta DKI Jakarta.

Saat ini, kita akan menjabarkan satu persatu kelima tempat destinasi wisata halal ini agar kamu mendapatkan referensi yang cukup, agar memiliki persiapan matang saat mengunjungi berbagai tempat tersebut. Yuk, kita kupas! 

1. Lombok

Selain memiliki keindahan alam yang memesona, Lombok turut menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia. Selain dikenal sukses menyabet beberapa penghargaan dalam World Halal Tourism Award 2016, menjadikan Lombok tempat terlengkap dalam fasilitas penunjang wisata halal, yakni, 60 restoran bersertifikat halal, 8.456 masjid, dan 60 hotel bersertifikat halal. Selain itu, Lombok memiliki 25 situs heritage Islam, 98 dari 161 moslem friendly attraction, 7 islamic event, dan 11 paket tur wisata halal.

2. Aceh

Selanjutnya adalah Aceh, dimana pernah merasakan penghargaan World’s Best Airport for Halal Travellers – Sultan Iskandar Muda International Airport dan juga World’s Best Halal Cultural Destination, dalam ajang World Halal Tourism Award 2016.

Selain itu, daerah yang berjulukan serambi mekah ini memiliki beberapa destinasi wisata unggulan antara lain Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, hingga berbagai pantai cantik yang akan melengkapi liburan di destinasi ramah muslim di sana. 

3. Sumatera Barat

Daerah yang dikenal sebagai ranah Minang ini juga tidak kalah bagus dari yang sebutkan seperti di atas. Pada World Halal Tourism Award 2016, Sumatera Barat meraih 3 penghargaan, yaitu World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Tour Operator, dan World’s Best Halal Culinary Destination.

Penghargaan ini diperoleh karena  keseriusan Pemprov Sumatera Barat dalam mengoptimalkan potensi wisata ramah muslim engan pembangunan rumah ibadah di seluruh destinasi wisatawan. Kemudian,  juga menambah beberapa tempat kuliner yang telah tersertifikasi halal.

4. Kepulauan Riau

Kepulauan Riau menjadi salah satu destinasi wisata ramah muslim di Indonesia, karena didukung dengan adanya dua bandara internasional di Riau, 84 rute bis, dan juga area jalan sepanjang 1.374.004 km.

Selain memiliki fasilitas lengkap dan terbaik, Kepulauan Riau juga dilengkapi dengan berbagai destinasi berbasis moslem friendly tourism. Salah satu yang sering dijadikan tujuan wisata umat muslim adalah Masjid Sultan Kepulauan Riau di Pulau Penyengat.

5. Jakarta

Provinsi DKI Jakarta termasuk menjadi salah satu wisata ramah muslim di Indonesia. Salah satu keunggulannya tentu saja fasilitas yang lengkap di Ibu Kota. Dalam hal ini Jakarta sukses meraih World’s Best Hajj & Umrah Operator dalam World Halal Tourism Award 2016.

Sehingga, ini menjadi pintu baru dalam menciptakan wisata ramah muslim di Jakarta. Di samping itu, fasilitas hotel halal juga sangat lengkap dengan rincian 510 hotel dengan sertifikat halal dan 5 hotel tipe syariah. Jakarta juga memiliki 7.795 masjid, 20 situs heritage Islam, dan 19 muslim friendly attraction.

Source: https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Destinasi-Moslem-Friendly-Tourism-Tanah-Air

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?