/ / / Pemerintah Jepang gandeng PPHI – Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia

Pemerintah Jepang gandeng PPHI – Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia

with No Comments
Spread the love

Sindonews.com – Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Wisata Jepang, Manabu Sakai berkunjung ke Sofyan Hotel Betawi di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (11/2/2014). Kunjungan tersebut berkaitan dengan kerja sama yang terjalin antara Jepang dan Indonesia (dalam Halal Development Foundation Japan Incorporated/HDFJ dengan Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia) untuk mengembangkan dan mempromosikan wisata Halal Jepang-Indonesia.

Sakai dan rombongan melihat langsung fasilitas yang ada di hotel, di antaranya dapur halal berikut ragam bahan makanan dan bumbu-bumbu halal yang digunakan, juga tempat refleksi dan gym ramah muslim.

Sesaat setelah kunjungan, Sakai mengatakan, bahwa pasar wisata halal di negerinya sangat potensial. Pihaknya akan terus belajar dari negara-negara lain untuk mempersiapkan diri menyambut wisatawan-wisatawan muslim.

“Apalagi Tokyo terpilih sebagai penyelenggara Olympic 2020. Kami siapkan fasilitas agar peserta muslim aman dan nyaman. Untuk makanan dan minuman halal di Jepang sekarang ini memang belum ada. Tapi, mulai sekarang akan kami sebarluaskan,” ujar Sakai.

Nota kesepahaman kerja sama antara HDFJ dengan MUI dan PPHI sendiri telah ditandatangani di Tokyo, pada 30 Januari 2014 lalu. Sebelumnya, pihak PPHI dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) berkunjung ke Tokyo selama sepekan untuk berpartisipasi dalam Seminar Global Halal yang diselenggarakan HDFJ, pada 22 Januari 2014.

Riyanto Sofyan selaku Ketua PPHI mengatakan, kesepakatan selama kunjungan ke Tokyo itu adalah PPHI akan fokus pada penyediaan solusi untuk sistem operasi halal hotel.

Operasi tersebut di antaranya prosedur standar operasional, kebijakan dan pedoman; operasi manual dan program pelatihan yang sudah disertifikasi MUI serta LPPOM MUI; dan ISO 9001-2008. PPHI sendiri dipilih karena merupakan lembaga bisnis syariah di sektor riil pertama Indonesia (1994)

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?