/ / / Sudahkah Kita Mengenal Dunia Perhotelan Berbasis Halal?

Sudahkah Kita Mengenal Dunia Perhotelan Berbasis Halal?

with No Comments
Spread the love

Saat ini kita menyadari bahwa pariwisata halal terus berkembang. Hal ini diprediksi akan terus mengalami peningkatan signifikan di masa depan. Di bidang perhotelan misalnya, peminat wisatawan muslim menginap di hotel berkonsep halal cukup bagus dan terus meningkat.
Riset dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) menunjukkan, ada beberapa fitur hotel halal yang dapat menyenangkan tamu, sehingga menjadi barometer sebuah hotel berkonsep syariah. Apakah kamu sudah mengetahui aspek apa saja sehingga bisa dikatakan sebagai pariwisata berkonsep halal?

Yuk, kita bedah beberapa aspek tersebut sehingga ketika kamu mencari tempat tersebut sudah mendapatkan referensi:

1. Makanan yang Halal

Hal ini merupakan bagian sangat penting umat muslim dengan melibatkan persiapan makanan sesuai hukum Islam. Hukum tersebut adalah syarat utama cara memenuhi kebutuhan wisatawan muslim.

2. Fasilitas Ibadah

Adanya himbauan waktu shalat di hotel, wisatawan muslim pasti akan menyukai hal ini. Fasilitas hotel halal identik dengan di setiap kamar ada petunjuk arah kiblat, ada sajadah, dan juga peralatan shalat lainnya. Keberadaan fasilitas ini memudahkan wisatawan menunaikan kewajibannya.

3. Punya Sekat Pemisah Ruangan Antar Gender

Secara hukum Islam, keberadaan sekat pemisah di tempat umum dalam lingkup hotel tersebut sangat dibutuhkan. Hal ini juga berkaitan dengan adanya sekat di fasilitas umum lainnya, seperti; kolam renang dan spa yang terpisah antara lelaki dan perempuan. Selain itu, kamar mandi ramah perempuan yang mampu melindungi mereka ketika sedang spa ataupun menikmati kolam renang juga harus diperhatikan.

Nah, sebenarnya aspek di atas bersifat fleksibel. Di sisi lain, tertuang Fatwa DSN MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016, menjelaskan bahwa hotel halal mempunyai syarat sebagai berikut:

a. Tidak boleh menyediakan fasilitas hiburan yang mengarah kepada akses kemusyrikan, maksiat, pornografi dan tindakan asusila

b. Makanan dan minuman yang disediakan hotel syariah wajib telah mendapat sertifikat halal dari MUI

c. Menyediakan fasilitas, peralatan, dan sarana yang memadai untuk pelaksanaan ibadah, termasuk fasilitas bersuci

d. Pengelola dan karyawan/karyawati hotel wajib mengenakan pakaian yang sesuai dengan syariah

e. Hotel halal wajib memiliki pedoman dan/atau panduan mengenai prosedur pelayanan hotel guna menjamin terselenggaranya pelayanan hotel yang sesuai dengan prinsip syariah

Seperti itulah kurang lebih contoh kriteria hotel berkonsep halal yang dapat menarik minat wisatawan muslim agar bisa menikmati daerah destinasi yang mereka kunjungi. Bagaimana pendapat kamu?

Source:

Hery Sucipto & Fitria Andayani, “Wisata Syariah : Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya”, PT. Grafindo Media Pratama, Jakarta, 2014.

Sharianews.com

Tertarik Untuk Bergabung Bersama Kami ?